about.my.id

cara membuat kartu keluarga online

cara membuat kartu keluarga online

Bagaimana cara membuat kartu keluarga online ? mungkinkah ? Di era yang serba online ini, instansi layanan masyarakat seolah berlomba untuk memakai sistem online. Mulai dari sistem perbankan, kepolisian, sampai bidang kependudukan. Namun, definisi layanan online ini menurut saya agak ambigu atau memiliki makna yang tidak tunggal.

Pertama, sistem online disini memerlukan media yang terhubung dengan koneksi internet. Sehingga user cukup memasukkan data dan boom selesai. Contohnya dalam membeli tiket pesawat atau kereta. Contoh lain yaitu pelaporan SPT Perorangan / pribadi dan pendaftaran CPNS. Jadi tidak perlu mengantre di loket untuk mendapatkan pelayanan – pelayanan tersebut. Setelah submit data, pengguna mendapat bukti yang berupa kode token atau berupa note yang dapat dicetak dan “ditukar” untuk keperluan selanjutnya. Sistem seperti ini yang menurut saya benar – benar sistem online karena pengguna dapat melakukan kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan koneksi internet.

Kedua, seperti yang sudah diterapkan dalam sistem untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Sistem online disini bermakna, wajib pajak tidak harus datang ke kantor dimana berdomisili. Secara umum, pengguna tidak harus pulang kampung hanya untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Karena dapat dilakukan di samsat seluruh Indonesia.

Nah, untuk membuat kartu keluarga secara online menurut saya belum tepat digunakan, alasan utamanya adalah untuk verifikasi data. Takutnya disalah gunakan oleh oknum – oknum untuk kepentingan pribadi. Namun jika misalnya “dipaksakan” agar bisa online, menurut saya sistem kedua diatas adalah yang cocog.

Oke, saya baru saja mengurus pembuatan kartu keluarga karena anggota keluarga saya bertambah dengan kelahiran anak saya yang kedua. Namun saya tidak mencari cara membuat kartu keluarga online. Disela kesibukan dan adaptasi karena hadirnya anggota baru dalam keluarga saya, saya sebagai suami yang baik menyempatkan diri untuk segera mengurus akte kelahiran beserta memperbarui kartu keluarga saya.

Di daerah saya ( Kota Salatiga ), sejak 5 Juni 2017 menerapkan sistem pelayanan 3 in 1 dimana permohonan akta kelahiran anak usia 0-60 hari akan mendapatkan kartu keluarga dan KIA tanpa harus memproses satu persatu. Jadi dalam sekali proses pengajuan sudah otomatis mendapatkan tiga layanan.

Adapun syarat – syaratnya adalah sebagai berikut :

  1. Surat keterangan kelahiran dari penolong kelahiran ( asli disertai 1 lembar fotocopy )
  2. Surat keterangan kelahiran yang ada dibuku KIA atau buku pink yang sudah diisi lengkap dan ditanda tangani penolong kelahiran beserta saksi – saksi
  3. Surat keterangan kelahiran dari kelurahan dalam bentuk form F.2-01
  4. Fotocopy surat nikah yang sudah dilegalisir KUA sebanyak 2 lembar
  5. Fotocopy KTP elektronik orang tua sebanyak 3 lembar
  6. KK Asli disertai fotocopy sebanyak 3 lembar
  7. Fotocopy KTP elektronik saksi

Sebelum meminta form F.2-01 pastikan sudah mengantongi pengantar dari RT dan RW serta bawalah bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan atau biasa disebut PBB ( hanya untuk berjaga – jaga jika ditanyakan ). Karena bukti pembayaran PBB ini adalah bukti jika kita tertib administrasi dan layak diberi pelayanan yang memuaskan.

Setelah data diverifikasi pihak kelurahan, maka bersiaplah untuk ke disdukcapil. Datanglah seawal mungkin karena antrean disana bisa membuat anda lapar. Namun tenang karena lokasi disdukcapil kota salatiga berada dipusat kota jadi dekat dengan penjual makanan dan minuman.

OK, jika dokumen sudah lengkap maka tinggal menunggu kapan akte kelahiran, KK, dan KIA jadi sambil menikmati suasana baru dalam keluarga saya yang tentunya makin ramai dan makin banyak cerita.

Berdasar alur dan proses diatas, apakah mungkin dilakukan secara online ? jika mungkin bagaimana memverifikasi datanya ? apakah harus discan lalu diupload ? seberapa lama dan teliti petugas “disana” untuk download dan verifikasi manual ? atau dapatkah diverifikasi secara otomatis menggunakan algoritma tertentu ? saya sendiri juga masih mencari cara membuat kartu keluarga online yang benar – benar pure online seperti penjelasan poin pertama diatas dimana tinggal submit data dan boom jadi. Semoga ada …

Comments :

Leave a Reply