about.my.id

Kopi Hitam Untuk Hati Yang Kecewa

kopi hitam

Apa yang terlintas didalam pikiran anda jika anda mendengar kata “kopi hitam” ? pahit, kafein, bahaya, atau malah terpikir kasus es kopi berujung maut ? bukan, ini adalah tentang kopi hitam si penghibur hati yang sedang kecewa. setidaknya untuk penghibur diri sendiri ketika merasakan kekecewaan terhadap sesuatu, atau secara kasarnya kecewa dengan kenyataan hidup yang sebenarnya hal tersebut tidak boleh. karena sebenarnya hidup ini sangat sangat luar biasa.

pernah merasa kecewa ? pernah dong, atau sering dong. terus gimana cara untuk mengobati kekecewaan itu ? ikhlas dong … ah itu sesuatu yang klise atau mainstream, default, biasa, basi, atau apalah. kata orang juga seperti itu, kita harus ikhlas dalam menghadapi sesuatu karena kecewa tidak membawa manfaat.

mudah sih bilang ikhlas kepada orang yang sedang kecewa, tapi lihat dong dari sisi orang yang sedang kecewa, mudah-kah ??? tidak

suatu malam menjelang pagi tepatnya mungkin sepertiga malam terakhir ketika mata ini terjaga dari lelap dan memaksa terbuka untuk melihat dunia bereaksi dengan hembusan dingin angin membawa langkah kaki gontai untuk membuat secangkir kopi hitam. duduk dan menikmati teguk demi teguk merasakan sensasi panas, manis, pahit yang berlomba mencapai lambung melewati kerongkongan yang terkadang berontak ditemani merdu nyanyian binatang malam yang mungkin tengah bersiap untuk mengakhiri konsernya dan bersiap menyambut fajar.

Allah menjawab ketidaktahuan saya atas jawaban akan kekecewaan. yeah lewat secangkir kopi hitam

saya mencoba flashback melihat apa dan bagaimana dalam beberapa menit sebelum ada secangkir kopi ditangan. tentunya ada gula dan bubuk kopi yang saya taruh didalam sebuah wadah yaitu cangkir. kemudian saya tuang air panas. apa yang terjadi jika saya tidak menuang air panas ?

mungkin gula akan tetap terasa manis dan bubuk kopi akan tetap terasa pahit

apa yang terjadi jika saya terlalu banyak menuang gula ? mungkin akan terasa eneg, kemanisan, tidak baik untuk kesehatan, boros

apa yang terjadi jika saya kurang memberi gula ? mungkin pahit, tidak enak

namun bagaimana secangkir kopi ini terasa nikmat ? karena mungkin takaran gula dan kopi sudah pas dan ada unsur air panas yang mengharmoniskan hubungan keduanya.

dan hidup itu …

adalah tentang bagaimana kita memadukan manis dan pahit. bagaimana kita menyikapi manis dan pahit, dan bagaimana kita menikmati manis dan pahit.

dan ikhlas itu …

adalah bagaimana kita melupakan ampas dari secangkir kopi hitam tadi, membuangnya dalam sebuah area yang mungkin tidak kita jamah. bagaimana kita tidak bisa ikhlas jika kita tidak memikirkannya ??? atau dengan kata lain, bagaimana kita bisa ikhlas jika kita terus memikirkannya ???

jingga menghias horison timur, panggilan telah dikumandangkan, segera kuhabiskan secangkir kopi yang telah memudar rasa panasnya. bergegas beranjak dan bersiap merubah keadaan. menikmati manis pahit hidup yang telah Tuhan takarkan dengan takaran yang sangat sempurna untuk saya. dan hidup ini begitu sayang untuk tidak dinikmati seperti secangkir kopi hitam untuk hati yang kecewa

 

Comments :

Leave a Reply