about.my.id

Panduan Klaim Amalgasi BPJS Ketenagakerjaan

pindah kerja jangan lupa pindahin saldo bpjs ketenagakerjaan

berawal dari cek saldo bpjs ketenagakerjaan yang berujung dengan mampirnya saya ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, saya akhirnya membulatkan tekad untuk memproses dan mencari panduan klaim amalgasi BPJS Ketenagakerjaan. disini saya akan sedikit bercerita tentang proses saya dalam mengurus proses penggabungan saldo atau diistilahkan amalgasi  dari keanggotaan saya di kantor lama dengan kantor baru saya saat ini.

Panduan Klaim Amalgasi BPJS Ketenagakerjaan

pada kunjungan pertama saya, saya diberi formulir untuk proses amalgasi. formulir ini nantinya akan diisi oleh staff yang mengurusi BPJS ketenagakerjaan di tempat kerja saya saat ini.

nah, ternyata kartu peserta saya tidak ada padahal syarat utama mengurus amalgasi adalah KPJ asli. akhirnya oleh teman saya itu saya diarahkan untuk :

  1. mananyakan ke kantor lama, jika ada maka saya harus memintanya dari pihak sana
  2. jika dikantor lama saya ternyata tidak ada, maka saya harus membuat surat kehilangan dari kepolisian sebagai syarat untuk penerbitan atau pencetakan kartu baru

saya kemudian menghubungi kantor lama dan menanyakannya, dan alhamduillah ternyata masih ada.

singkat cerita kartu asli KPJ telah saya dapatkan, kemudian formulir juga sudah terisi dibubuhi tanda tangan dan cap perusahaan tempat saya bekerja saat ini lalu saya proses ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

berangkat sepagi mungkin itu yang harus saya lakukan pertama kali. karena seperti biasa, kantor BPJS Ketenagakerjaan selalu ramai dikunjungi para pekerja dan mantan pekerja. sampai disana sudah banyak orang dan saya langsung mengisi buku antrean. menunggu sekitar setengah jam akhirnya kantor buka dan kami para pengantre dipanggil satu persatu sesuai urutan di buku tadi dan berdasar keperluannya. jadi walau saya dapat antrean di buku nomor 58 tapi secara keperluan saya hanya ke bagian informasi, maka saya dipanggil di awal karena kebetulan yang akan ke bagian informasi juga sangat sedikit.

setelah masuk ruangan saya mengambil nomor tiket di display informasi dengan memilih bagian informasi dan klaim ( biasanya ada petugas keamanan yang membantu ). setelah menunggu beberapa menit saya dipanggil. saya serahkan :

  1. formulir permintaan penggabungan saldo yang sudah terisi dan ada cap perusahaan
  2. KPJ asli
  3. KTP asli

saya sambil ditanya nama kantor lama dan kantor baru saya, mungkin untuk mem-verifikasi data apakah sudah sesuai atau belum.

tidak sampai 5 menit proses selesai dan saya disuruh menunggu maksimal 14 hari kerja untuk proses penggabungan saldo.

demikian proses dan Panduan Klaim Amalgasi BPJS Ketenagakerjaan yang lama di antrenya namun singkat prosesnya, semoga bisa bermanfaat.

Comments :

Leave a Reply