about.my.id

Penyesuaian Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900VA

Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900VA

Sebelum saya melanjutkan postingan soal saldo bpjs ketenagakerjaan, saya akan sedikit curhat soal Penyesuaian Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900VA 2017. sebelumnya saya memang tidak begitu memperhatikan berapa tarif per Kwh untuk listrik yang saya pakai, yang saya tau, setiap saya cek di meteran listrik pra bayar saya dan digit angka yang tertera sudah menunjuk 1 digit, maka saya akan membeli “pulsa” listrik atau token listrik dan mengisikannya dengan cara menginput deratan kode angka yang saya peroleh setelah membeli.

kekurangan saya yang kedua, saya juga kurang begitu memperhatikan setiap saya isi token listrik dengan nominal 50rb atau 100rb atau nominal berapapun, saya dapat berapa Kwh.

nah, akhir – akhir ini saya mulai merasakan “nikmatnya” kenaikan tarif dasar listrik yang diterapkan pemerintah. oke, saya tegaskan dulu sebelum nulis lebih jauh. disini saya tidak protes atau menghujat atau benci atau bermaksud menjelekkan pihak tertentu, saya hanya berbagi cerita. toh kenaikan tarif dasar listrik terjadi pasti sudah melalui proses hitung dan analisa dari ahli. jadi bukan tanpa sebab atau tiba – tiba naik gitu aja suka suka hati pemerintah, tapi sudah melalui pemikiran dan kajian kajian dari ahlinya.

saya termasuk pelanggan dari listrik rumah tangga 900 VA pake yang prabayar ato musti beli token untuk bisa menikmati listriknya ato lebih kerennya listrik pintar. memang pintar karena kalo mo habis bisa bunyi thit thit thit kasih tau pemilik dan para tetangga agar segera diisi.

dulu pas awal – awal pasang atau dari 2014 tiap kali saya isi dengan nominal 100rb, saya bisa santai sampai sekitar 2 bulan lebih gak ngisi ngisi lagi. memang waktu itu kondisi isi rumah saya masih tergolong kosongan alias cuma lampu, pompa air, setrika, dan charger leptop plus multimedia dan charger handphone.

sekitar tahun 2016 rumah saya mulai berisi, ada TV dan Kulkas kecil. saya mulai khawatir akan pemakaian listrik. namun kekhawatiran saya belum terbukti karena masih aman, 100rb bisa bertahan 1 bulan lebih bahkan bisa hampir 2 bulan.

dan kini, saya isi 100rb itu saya merasa lebih sehat karena jantung saya lebih sering berdegup dan kewaspadaan saya bertambah, saya jadi rutin cek meteran karena saya merasa kok cepet sekali deret digit di meteran saya berkurang. padahal lampu sudah saya ganti pake LED dan pemakaian saya kontrol.

saya pikir ini hanya terjadi di rumah saya, tetapi ternyata, di area komplek saya sekarang lebih sering terdengar thit thit thit entah dari rumah mana yang bunyi. gak peduli pagi siang malam. dan parahnya, sekarang komplek saya jadi terlihat sedikit lebih gelap karena selepas jam 11 malam atau menjelang penghuni pada tidur, lampu teras ada yang dimatikan.

apa gak bahaya itu ?

yeah, semoga semua baik baik saja dan Penyesuaian Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900VA 2017 bisa kembali seperti dulu, jadi kondisi komplek saya bisa agak terang dan tenang tanpa bunyi thit thit thit yang random.

Comments :

Leave a Reply