about.my.id

Tips dan Trik menghemat listrik

Tips dan Trik menghemat listrik

merujuk pada postingan sebelumnya soal penyesuaian tarif dasar listrik rumah tangga 900 VA, saya akan berbagi Tips dan Trik menghemat listrik agar usia “pulsa” listrik dirumah bisa sedikit lebih awet.

sebagai sedikit gambaran, pemakan listrik dirumah saya diantaranya, kulkas kecil yang jika saya masuk didalamnya gak akan muat apalagi gajah, setrika listrik, asisten rumah tangga saya yang hot (sebut saja miya**) yang pinter masakin nasi, TV kurus kerempeng yang udah gak ada tabungnya, lampu ada 6 titik, kipas angin dan charger plus speaker aktif kecil.

untuk pemakaian yang paling rakus mungkin kulkas dan asisten saya itu karena hampir tiap jam nyolok ke listrik. jadi perlu diakalin agar pemakaian listrik gak membengkak. oke langsung saja ini dia tips dan triknya

kulkas

setting posisi skala kedinginan atau apa istilahnya itu pada posisi medium saja, atau jika anda bukan ice lover, pake yang minimum naik dikit atau setengahnya medium, jadi untuk nyimpen sayur masih aman dan freezer gak mubazir. tapi bagiice lover, skala medium itu udah cukup kalo di kulkas saya untuk membuat air menjadi beku dan ice-cream kesukaan anak saya gak meler kemana mana.

miya** alias rice-cooker plus rice-warmer

karena gak ada tombol medium atau maksimum, jadi kalo anda warm-lover alias suka makan makanan panas, sering kontrol aja kalo nasi udah hampir habis, cabut aja tuh colokan jadi nasi gak kering didalam. kalo ada yang penting nasi mateng lebih bagus lagi, setelah beras menjadi nasi, matikan aja tuh miya** agar gak boros listrik, lalu tutup dengan kain bersih atau taruh nasi ke bakul biar retro retro dikit.

penerangan

ganti lampu pake yang LED karena kata orang orang itu lampu LED dikalim bisa hemat listrik. kalo dirumah saya, ruang yang nyala lampunya lebih lama, saya kasih yang daya kecil, seperti kamar tidur. khusus teras agak besar agar terang sih. kamar mandi dan dapur nayalain pas dibutuhin, jadi kalo gak ada penghuninya matiin aja tuh lampu. terus cat rumah pake warna terang agar membantu mengoptimalkan pencahayaan ruangan.

charger

ini nih, kecil kecil tapi terkadang rakus akan listrik, penting nih, cabut charger jika sudah selesai ngecharge. sering kan membiarkan charger tetep nyolok walo udah gak dipake ??? selain bahaya karena bisa terbakar, itu komponen didalamnya tetep makan listrik. selain charger, alat elektronik lain seperti TV juga sama, cabut colokan gak cuma matiin pake remote

oke, sekian beberapa Tips dan Trik menghemat listrik semoga bermanfaat

Comments :

Leave a Reply